Jumat, 02 Juni 2017

Cara Melakukan Perawatan Kelinci Angora

Perawatan kelinci angora - Kelinci angora termasuk juga type hewan yang jinak serta tidaklah terlalu lincah di banding type kelinci yang lain. Bulunya yang lebat serta panjang jadi daya tarik sendiri untuk jadikan hewan peliharaan. Pelihara Kelinci Angora perlu ketelatenan terlebih menyangkut kebersihan bulu-bulunya. Beberapa hal paling utama yang prlu di perhatikan dalam menjaga kelinci angora diantaranya : 


Makanan 


Walau dengan cara alamiah kelinci pemakan hijauan, untuk pelihara kelinci angora baiknya memakai pakan pelet atau pakan pabrikan. Umumnya pakan pabrik sudah memiliki kandungan nutrisi yang seimbang untuk menanggung perkembangan kelinci serta bulu-bulunya yang indah. Sesekali dapat juga disajikan hijauan seperti sayuran. Hijauan yang didapatkan sebaiknya dilayukan terlebih dulu untuk kurangi kandungan airnya. Sayuran fresh yang masih tetap memiliki kandungan kandungan air tinggi di kuatirkan bakal bikin kembung atau mencret. 

Sayuran baiknya diberikan sesekali saja, umpamanya 2-3 kali dalam satu minggu. Buah-buahan serta type sayuran memiliki serat tinggi seperti bunga kol, kubis serta brokoli dapat bikin masalah pencernaan serta diare. Pada kelinci angora sayuran itu bida juga mengakibatkan kerusakan kwalitas bulu. Kelinci suka pada wortel karna sayuran ini cuma sedikit memiliki kandungan air. Pemberian wotel baiknya dikerjakan sesekali saja sebagai “hadiah”. 

Untuk melindungi kwalitas bulu, kelinci angora umumnya di beri makan jerami kering. Jerami dapat melindungi penyumbatan internal dalam rambut (wool block) . Diluar itu, kita juga dapat memberi tablet pepaya atau vitamin yang lain untuk menghindar wool block. 

Kebersihan 


Menjaga kelinci angora membutuhkan perhatian lebih di banding kelinci berbulu pendek. Kebersihan bulu mesti betul-betul di perhatikan. Bulu-bulu yang panjang mesti kerap disisir supaya tidak kusut. Bulu yang rontok mesti dipisahkan. Kandang kelinci mesti kering, tidak lembab. Penampung feses serta urin mesti dibikin bersih sehari-hari. Terdapat banyak type kandang kelinci untuk budidaya dengan cara massal, silakan saksikan beberapa type kandang kelinci. 

Kelinci angora yang sudah dewasa dapat dimandikan, tetapi sistem memandikan baiknya dikerjakan dengan hati-hati. Memandikan sebaiknya pada pagi hari yang cerah. Sediakan dua wadah air hangat sebagai tempat memandikan serta basuh. Pakai samphoo spesial kelinci atau apabila tak ada dapat memakai samphoo untuk kucing. Sediakan juga handuk kering serta bila sangat mungkin hair dryer. Keringkan selekasnya sesudah kelinci usai dimandikan dengan handuk serta hair dryer. Apabila sangat mungkin jemur sebentar dengan matahari pagi. Janganlah sangat lama membiarkan kelinci ada didalam air. 

Kesehatan 


Sedikit masalah kesehatan dalam pelihara kelinci. Bisanya kelinci sakit karna perut kembung atau mencret. Ke-2 hal itu dapat mengakibatkan kematian. Penyakit lain yang mungkin saja yaitu rabies, penyakit ini dapat menular ke hewan lain atau manusia. Ciri-cirinya ada bintik-bintik putih di telinga sisi dalam. 

Reproduksi 


Saat hamil kelinci angora berikisar 30 hari, dapat melahirkan banyak anak sekalian seperti type kelinci lain. Baiknya tidak menjadikan satu kelinci jantan dengan yang lain terkecuali untuk kebutuhan pembibitan (perkawinan) . Kelinci jantan dewasa yang dikumpulkan dalam satu kandang dapat bertarung. Bahkan juga apabila dikumpulkan dengan anak kelinci atau kelinci muda dapat bertarung sampai mati. Kelinci angora dapat bertahan hidup sampai 10 th., bahkan juga dapat lebih apabila perawatannya baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar